Rabu, 08 Oktober 2014

Artikel Komputer Watson


PENDAHULUAN
Di zaman serba modern dan juga serba canggih untuk saat ini yang mana telah banyak diciptakan alat-alat mesin-mesin yang memiliki kecanggihan yang tidak dapat diragukan lagi kemampuannya. Banyak orang terbantu dengan hadirnya alat-alat canggih saat ini, Salah satunya dari alat-alat canggih tersebut yaitu computer, computer memiliki perkembangan dari generasi ke generasi mulai dari generasi pertama yang mana pada generasi ini komponennya masih menggunakan tabung hampa (vacuum tube) dan masih banyak memiliki kekurangan.
Setelah generasi pertama kemudian muncullah super computer Watson, Watson komputer adalah sebuah teknologi yang mampu mengkalkulasikan secara tepat untuk menjawab pertanyaan yang sangat kompleks, dengan menggunakan interface bahasa natural ungkap Guru Rao, yaitu seorang IBMers. Sehingga jika di implementasikan pada dunia enterprise maka teknologi Watson akan mampu menganalisa data warehouse terstruktur dan juga data warehouse yang tidak terstruktur untuk mendapatkan solusi BI  dengan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi dan tepat.
Banyak industri dimana teknologi Watson ini dapat dikembangkan, misalnya pada Health-care dengan Watson mereka dapat mendapatkan jawaban yang paling tepat dalam mendiagnosa penyakit, ataupun pada banks yang dapat mendeteksi credit-card fraud secara real time. Teknologi ini mampu menghasilkan jawaban yang sangat akurat melalui  buktu bukti yang telah dilakukan di berbagai industri.
Dalam dunia perang manusia melawan mesin, IBM Watson computer pada bulan February pernah mengalahkan Brad Rutter dan juga Ken Jennings dalam game of Jeopardy. Game ini menunjukan bagaimana komputer dapata menjawab pertanyaan dengan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi, dan hampir dikatakan sebagai manusia. Watson menjawab  pertanyaan yang dilayangkan oleh host dalam bentuk suara synthesized.

Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakan organisasi computer dari Teknologi Watson buatan IBM, sehingga disebut komputer super?
2.      Bagaimanakah arsitektur computer IBM yang mempunyai teknologi Watson, sehingga dapat melakukan proses sampai 200 juta halaman konten per detik?
Tinjauan Pustaka
Organisasi Komputer adalah komponen-komponen dari komputer yang cenderung ke hardware. Yang mana pada teknologi Watson menggunakan Power7 procesor dan perangkat lunak IBM DeepQA untuk menjawab pertanyaan di bawah tiga detik. Watson terdiri dari sembilan puluh server IBM Power 750 (dengan tambahan I/O, node pengendali jaringan dan cluster di 10 rak) dengan total 2880 core prosesor Power7 dan 16 terabyte RAM. Setiapserver Power 750menggunakan prosesor Power73,5 GHz delapan inti, dengan empat thread pada setiap inti-nya.
Arsitektur Komputer adalah atribut-atribut system komputer yang terkait dengan seorang programer .DeepQA sendiri merupakan program komputer yang didesain untuk mengenali bahasa manusia dan ditanam kecerdasan buatan dengan perpaduan perangkat keras seperti Prosesor Power7 yang memiliki kemampuan pemrosesan parallel masif.

Pembahasan
 
1.    Organisasi komputer dari teknologi watson buatan IBM

Watson adalah sistem beban kerja dioptimalkan dirancang untuk kompleks analisis , dimungkinkan dengan mengintegrasikan massal paralel Power7 prosesor dan perangkat lunak IBM DeepQA untuk menjawab pertanyaan Jeopardy! di bawah tiga detik. Watson terdiri dari sekelompok sembilan puluh IBM Power 750 server (plus tambahan I / O, node pengendali jaringan dan cluster di 10 rak) dengan total 2880 core prosesor Power7 dan 16 terabyte RAM. Setiap Daya 750 server yang menggunakan 3,5 GHz Power7 prosesor delapan inti, dengan empat thread per inti. Prosesor Power7 itu kemampuan pemrosesan paralel masif merupakan pertandingan ideal untuk perangkat lunak DeepQA Watson IBM yang memalukan paralel (yang merupakan beban kerja yang mudah dibagi menjadi tugas-tugas paralel). 
Menurut John Rennie , Watson dapat memproses 500 gigabyte, setara satu juta buku, per detik. Penemu master IBM dan konsultan senior Tony Pearson diperkirakan biaya hardware Watson sekitar $ 3.000.000  dan dengan 80 TeraFLOPS akan ditempatkan 94 pada Top 500 Supercomputer daftar, dan 49 dalam daftar Top 50 Superkomputer. Menurut Rennie, konten disimpan di Watson RAM untuk permainan karena data yang tersimpan pada hard drive terlalu lambat untuk mengakses.

2.    Arsitektur computer dari teknologi Watson buatan IBM

Watson adalah menjawab pertanyaan (QA) sistem komputasi yang dibangun oleh IBM . IBM menggambarkannya sebagai "aplikasi canggih Natural Language Processing , Information Retrieval , Representasi Pengetahuan dan Penalaran , dan Mesin Belajar teknologi untuk bidang terbuka menjawab pertanyaan domain penuh "yang" dibangun pada teknologi DeepQA IBM untuk generasi hipotesis, mengumpulkan bukti besar, analisis, dan mencetak "
Demikian pula yang dilakukan Watson bagi dunia kesehatan. Watson mendengarkan keluhan pasien dan mengumpulkan bukti-bukti, data-data yang sesuai dengan keluhan. Selanjutnya Watson akan membuat hipotesis dan mencetak atau menjawab keluhan penyakit pasien.

Kesimpulan
Watson didesain bukan untuk menggantikan dokter dalam perawatan one day care. Namun untuk membantu menganalisa data yang mampu melewati kemampuan manusia menganlisa.Watson digunakan untuk perawatan kesehatan pribadi karena pasien tersebut sudah memiliki rekaman medis pribadi sehingga hasil analisa Watson akan lebih akurat.
Meskipun Watson memiliki kemampuan mengesankan, namun Watson sebenarnya tidak benar-benar berpikir seperti manusia. Watson sama seperti mesin komputasi lain, hanya mampu memanipulasi data dan informasi, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk memahami arti dari data dan informasi tersebut.

0 komentar

Posting Komentar