Rabu, 01 Oktober 2014

Tips Memahami Balanced Scorecard


Banyak dari temen2 dan mahasiswa yang bertanya bagaimana memahami Bsc secara mudah dan cepat. Pertanyaan yang agak sulit dijawab. eehmm.. mungkin Tips ini bisa membantu. Tips ini muncul dari pengalamaan pribadi dan sudah dilakukan sendiri dan hasilnya tidak mengecewakan. Karena pengalaman pribadi jadi dilarang keras kalo ada yang komplain dengan tips ini :) . Kalo ada cara yang lebih efektif belajar BSC tolong bagi2 ..

1. Baca, baca, baca buku BSC untuk generasi pertama yaitu Translating Strategy into action – BSC. Jika tidak ngerti baca lagi..tidak ngerti juga baca lagi. Dianjurkan jangan membaca yang terjemahan tetapi yang original (english version). Biasanya orang terpancing untuk mengetahui Bsc dalam penerapan langsung misalkan Bsc untuk private company, bsc untuk sekolah, bsc untuk government dll. asumsinya biar cepat memahami. Cara ini ada bisa berhasil untuk orang2 yang memang mendalami management strategic sebelumnya.
2. Catat bagian yang benar2 tidak dimengerti misalkan terminologi, skema, langkah2 dsb.Tidak mungkin semuanya tidak dimengerti pastilah  ada yang dimengerti walaupun sedikit. Jika tidak masih tidak mengerti lihat point 1 .  Mulailah dari bagian2 yang dimengerti untuk belajar secara bertahap. Misalkan dimulai dengan belajar management strategic seperti penyusunan visi dan misi perusahaan yang benar.
3. Tanyakan hal2 yang tidak dimengerti tadi kepada orang2 yang kompeten misalkan dosen, praktisi bisnis, dan internet :). Saya beruntung dulu ( sekitar tahun 1998) sewaktu di consulting firm, saya banyak diberikan kesempatan untuk mengikuti seminar dan workshop skala nasional dan internasional. Hal2 yang tidak saya pahami akan ditanyakan pada saat event tersebut. Pokoknya sampai mudeng..deng..deng pake muka tembok aza :)
4. Jika mau ikut seminar dan workshop, cari tahu metode pengajarannya. Banyak sekali iklan di koran yang menawarkan seminar dan workshop Bsc tetapi setelah selesai diikuti banyak yang berkomentar hasilnya nihil. Metode pengajarannya pun hanya one way. Tips untuk mengikuti workshop misalkan:
  • Pilihlah workshop (bukan sekedar seminar) dengan metode teori dan praktek seimbang misalkan pagi – pengenalan konsep bsc dan siang – praktek pembuatan linkage diagram bsc.
  • Objektif dari workshop harus jelas misalkan setelah mengikuti workshop maka para peserta MAMPU membuat DRAFT bsc.
  • Carilah pembicara yang memiliki kompentesi sebagai praktisi (konsultan) dan dosen. JIka hanya sebagai dosen biasanya banyak bicara tentang konsep doang. Minta alamat email dan telpon (kalo dizinkan) untuk diskusi setelah event selesai.
  • Jangan tergiur dengan tempat workshop di Hotel berbintang bintang, yang sudah pasti mahal. Biasanya (apalagi dibayar kantor) tempat yang dipilih adalah tempat yang wah..
  • Idealnya waktu workshop menurut saya maksimal 2 hari. Jika hanya 1 hari mungkin cukup untuk fundamental bsc saja. Jika > 2 hari biasanya serangan rasa bosan dan jenuh menyerang para peserta.
5. Praktek, praktek, praktek konsep bsc sesuai dengan bidang masing2. Coba buat bsc sederhana setiap perspektif dengan 2 objektif = 1 ukuran. Sharing ke temen2 atau kolega atau kepada orang2 yang punya interest sama. Kesalahan yang terjadi akan memicu untuk belajar lebih mendalam dan detail.
6. Konsisten untuk belajar terus.

0 komentar

Posting Komentar